New

New

Artikel

Jurnal Kegiatan

Hizbul Wathan

Karya Siswa





Selasa (28/1) Santri kelas 5 SD Muhammadiyah Imam Syuhodo melaksanakan Study Profesi ke DAMKAR (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan kelas 5 ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Diikuti oleh 50 dari total 51 santri kelas lima, dimana terdapat satu santri yang izin tidak dapat masuk dikarenakan sedang sakit.


Perjalanan dari sekolah menuju lokasi tidak membutuhkan waktu lama,hanya ditempuh dalam waktu 20 menit perjalanan bus dari Kecamatan Polokarto menuju Sukoharjo Kota. Anak-anak cukup antusias sepanjang perjalanan mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan pertama sejak masuk semester 2 di tahun pelajaran ini.
“Berarti nanti disana kita bisa lihat mobil pemadamnya ya? Kata Us, boleh naik mobilnya juga.” ucap beberapa anak saat berbincang-bincang sepanjang perjalanan.



Sesampainya di lokasi, anak-anak menerima penjelasan dari petugas DAMKAR tentang macam-macam peralatan yang digunakan. Semua tampak diam mendengarkan dengan seksama dan sesekali menyampaikan pertanyaannya. Disampaikan pula bahwa tugas DAMKAR tidak hanya memadamkan kebakaran, tetapi juga mengevakuasi hewan yang berbahaya seperti ular kobra yang sedang marak bermunculan di awal musim penghujan, tawon vespa, dan sebagaiya. Disebutkan juga bahwa DAMKAR pernah menyelamatkan kerbau yang terperosok  ke dalam parit. Untuk angka kebakaran di Kabupaten Sukoharjo, tertinggi di bulan Agustus - Oktober.


 APD : Alat Pelindung Diri. Baju Anti Panas

 Sepatu : melindungi diri dari bara,paku, pecahan kaca. 



 Helm : melindungi diri dari reruntuhan dari atas seperti kayu, genting, dsb.


 Nozzle : memancar kan air ke titik api. Disambung ke selang.


 Selang : mengalirkan air dari mobil ke nozzle


 Y-Connection: Membagi pancaran air. Biar bisa bercabang aliran airnya.


 Alat untuk menangkap ular



 APAR (Alat Pemadam Api Ringan) : untuk memadamkan api ringan dalam rentang waktu 10 - 15 menit semenjak aku muncul. Setelah waktu itu tidak bisa. Isinya tepung kimia.


 Kapak : membongkar pintu, mendobrak pintu, memecah kaca agar bisa masuk ruangan.


Alat untuk masuk dalam ruangan yang sangat berasap agar pernafasan tidak terganggu.

Baby cobra yang ditangkap di daerah Kecamatan Nguter


Setelah itu, tibalah saat yang banyak ditunggu para santri kelas 5. Perkenalan dengan mobil pemadam kebakaran. Semua anak diajak berkeliling kota menggunakan mobil DAMKAR. Anak-anak serentak naik dan duduk di bagian atas mobil sambil berpegangan pada besi pembatas atap mobil. Suasana riuh dan sorak bersahutan bersama dengan sirine yang menggema. 15 menit berjalan, dan "kota-kota" pun berakhir.






Kegiatan berikutnya adalah praktek langsung bagaimana cara memadamkan api menggunakan karung/lap basah. Banyak yang masih belum berani mencoba. Hanya beberapa saja yang berani praktek langsung.








Sorak bahagia kembali membuncah tatkala anak kembali belajar menggunakan nozzle. Sebuah alat pemancar air yang terhubung dengan selang. Sejumlah anak tampak kesulitan menahan laju gerakan semprotan air sehingga membasahi baju olah raga yang dikenakan. Beberapa semakin asyik dalam berbasahan, sebagian yang lain memilih lari dari “serangan” yang ditujukanke arahnya.




Kegiatan selesai, semua anak berfoto bersama dan kemudian berpamitan. Dalam keadaan basah, mereka menuju ke area Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo untuk membersihkan diri di kamar mandinya. Sembari menunggu teman yang sedang bersih diri, sebagian lain berinisiatif untuk bersih rohani. Ya, qiro’ah dalam tenangnya suasana Masjid Agung Sukoharjo.








Kegiatan Study Profesi ini ada di setiap jenjang kelas dengan tempat tujuan kunjungan yang berbeda-beda sesuai dengan Grand Design sekolah. Dengan kegiatan ini diharapkan santri dapat lebih mengenal berbagai macam profesi sehingga dapat menambah wawasan, mengenalkan, serta memberikan gambaran  profesi mana saja yang bisa ditekuni kelak saat dewasa nanti.   


TAQWA – KREATIF – PEDULI

About SD Muhammadiyah Imam Syuhodo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top