New

New

Artikel

Jurnal Kegiatan

Hizbul Wathan

Karya Siswa


Penelitian selesai dilaksanakan maka untuk selanjutnya dilakukan penulisan karya ilmiah berupa laporan penelitian yang disusun sesuai kaidah PTK.
Kerangka Laporan PTK sama halnya seperti penulisan skripsi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, meliputi:
Bab 0 Bagian Awal
a.       Halaman Judul
b.      Surat Keterangan
c.       Lembar Persetujuan
d.      Kata Pengantar
e.       Daftar Isi
f.       Daftar Tabel
g.      Daftar Gambar
h.      Lampiran
i.        Abstrak
Bab I Pendahuluan
a.         Latar Belakang Masalah
b.        Rumusan Masalah
c.         Tujuan Penelitian
d.        Manfaat Penelitian
Bab II Kajian Pustaka
a.       Kajian Teori dan Penelitian yang Relevan
b.      Kerangka Berpikir
c.       Hipotesis Tindakan
Bab III Metode Penelitian
a.       Tempat dan Waktu Penelitian
b.      Subjek Penelitian
c.       Data dan Sumber Data
d.      Teknik Pengumpulan Data
e.       Uji Validitas Data
f.       Analisis Data
g.      Indikator Capaian Penelitian
h.      Prosedur Penelitian
Bab VI Hasil Tindakan dan Pembahasan
a.       Deskripsi Pratindakan
b.      Deskripsi Hasil Tindakan Tiap Siklus
c.       Perbandingan Hasil Tindakan Antar Siklus
d.      Pembahasan
Bab V Simpulan, Implikasi dan Saran

Judul
Judul PTK merupakan bentuk improvement/peningkatan. Contoh “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017”
Atau “Peningkatan Kreativitas Siswa melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017”
Boleh pula mencantumkan pokok bahasan materi yang spesifik untuk diteliti dan diperbaiki.

Latar Belakang Masalah
Kemukakan secara detail dan mendalam mengenai permasalahan yang terjadi di kelas secara umum kemudian fokuskan pada permasalahan yang sekiranya urgent/penting untuk segera diselesaikan, misalnya kreativitas siswa rendah. Cantumkan data observasi awal secara mendalam mengenai kreativitas siswa. Kemukakan alasan yang jelas mengapa memilih suatu metode/model pembelajaran tersebut sebagai “obat penyembuh”.

Rumusan Masalah
Berupa kalimat pertanyaan untuk menyatakan masalah penelitian, contoh “Apakah penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017?”

Tujuan Penelitian
PTK merupakan penelitian yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran sehingga tujuan penelitian mengacu pada rumusan masalah yaitu “Untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017”

Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian menunjukkan bahwa hasil dari PTK memberikan dampak positif bagi guru dan siswa, contoh:
Manfaat bagi siswa
“Meningkatkan kreativitas siswa, Meningkatkan interaksi antar siswa, interaksi guru dengan siswa, dan interaksi siswa dengan lingkungan belajar, Meningkatkan prestasi belajar siswa”
Manfaat Bagi Guru
“Menambah pengetahuan guru tentang model pembelajaran yang dapat melatihkan kreativitas siswa”

Kajian teori dan Penelitian yang Relevan
Kajian teori memuat teori-teori yang mendukung penelitian, kemukakan secara jelas dasar teori yang didalamnya memuat semua hal yang berhubungan dengan judul PTK.
Contoh:
-         Pembelajaran IPA (kemukakan keadaan ideal hakikat belajar sains)
-         Teori Belajar yang mendukung model discovery learning
-         Model Discovery Learning (pengertian, sintaks, kelebihan dan kekurangan)
-         Kreativitas Siswa (pengertian, aspek-aspek kreativitas siswa)
-         Penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian anda sekarang, sehingga dapat digunakan sebagai acuan.

Setting Penelitian
Meliputi tempat penelitian dan waktu penelitian.
Tempat penelitian kemukakan secara spesifik kelas yang akan digunakan sebagai PTK, nama sekolah, alamat sekolah.
Contoh:
“PTK diterapkan di kelas V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017. Alamat di Jalan H Muslich 01/06 Blimbing Wonorejo Polokarto Sukoharjo”
Boleh ditambahkan deskripsi secara singkat mengenai kondisi kelas, sekolah dan sarana prasarana yang ada di kelas tersebut.
Waktu Penelitian = kapan penelitian akan dilakukan, cantumkan matrik kegiatan dari awal perencanaan hingga berakhirnya penelitian meliputi minggu dan bulan penelitian.

Subjek Penelitian
Cantumkan data jumlah siswa di kelas yang digunakan dalam PTK, jumlah laki-laki dan perempuan.

Sumber Data Penelitian
Berisi sumber-sumber darimana data diperoleh dalam penelitian. Contoh: Data kreativitas siswa diperoleh dari berbagai sumber: hasil wawancara, lembar observasi, dokumentasi berupa foto, video, RPP, LJ Siswa, Lembar Kerja Siswa serta data informasi yang berasal dari catatan lapangan.

Teknik Pengumpulan Data
Cantumkan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian, contoh untuk mengukur kreativitas siswa maka teknik yang digunakan bisa menggunakan lembar observasi, tes unjuk kerja (performance assessment), wawancara, dan dokumentasi, serta tes kognitif untuk mengukur prestasi belajar sebagai data pendukung.

Uji Validitas Data
Suatu hasil penelitian harus diuji kevalidan dan keabsahan hasilnya, tak terkecuali PTK. Data hasil penelitian tindakan kelas biasanya berupa data kualitatif sehingga diuji dengan teknik triangulasi data (menggunakan sesuatu yg lain di luar data sebagai pengecek ataupun pembanding).
Contoh teknik triangulasi data adalah teknik triangulasi metode yaitu menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama.


Analisis Data
Berisi teknik yang digunakan dalam menganalisis data hasil penelitian. Jika data hasil penelitian berupa data kualitatif maka teknik yang digunakan adalah teknik analisis deksriptif kualitatif  mengacu pada model analisis interaktif Milles dan Huberman yang terdiri dari:
-         Reduksi data
-         Penyajian data
-         Penarikan kesimpulan

Indikator Capaian Penelitian
Merupakan indicator ketercapaian dari masalah yang ingin diperbaiki dalam penelitian.
Contoh Indikator ketercapaian kreativitas siswa: Peningkatan yang signifikan untuk kreativitas siswa mencapai 75% untuk setiap aspek kreativitas.

Prosedur Penelitian
Penelitian tindakan kelas mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yaitu model spiral, dimana dalam satu siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting), dan seterusnya sampai perbaikan dan peningkatan yang diharapkan tercapai.

Hasil Penelitian dan Pembahasan
Deskripsikan secara detail keadaan sebelum adanya tindakan (prasiklus). Deskripsikan hasil tindakan tiap siklus (sesuai dengan jumlah siklus tindakan). Bandingkan hasil tindakan antar siklus, contoh perbandingan prasiklus, siklus I dan siklus II. Buat pembahasan mengenai perbandingan antar siklus, kaitkan dengan teori-teori pendukung yang bertujuan membuktikan model yang diterapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa dan memperbaiki proses pembelajaran.

Simpulan
Berisi kesimpulan dari penelitian “Model Discovery learning dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V-A SD Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017”
Cantumkan pula saran-saran yang berkaitan dengan penelitian anda agar menjadi perbaikan bagi peneliti selanjutnya.


Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat bagi pembaca. Fastabiqul khoirot, Jazakumulloh.
Oleh: Fitri Astuti Wahyu Utami - Taqwa, Kreatif, Peduli-

About SD Muhammadiyah Imam Syuhodo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top