New

New

Artikel

Jurnal Kegiatan

Hizbul Wathan

Karya Siswa

Assalamu’alaikum good morning friends? how about your holiday, it is fun, isn’t it? Okay today I will tell you a story about our journey last month.

Tanggal 4-5 Mei 2016 yang lalu sebelum menghadapi Ujian Kenaikan Kelas (UKK) sekolah kami mengadakan acara camping bersama satu angkatan kelas 4A dan 4B beserta asatidzah kelas 4 yang berlokasi di Tawangmangu Resort, Karanganyar Jawa Tengah.

Kegiatan dimulai dengan persiapan perlengkapan yang akan dibawa selama camping, Kami mengagendakan kegiatan funny cooking (memasak) selama berada di lokasi camping. Alat-alat masak berupa kompor, wajan, panci, pisau, serta alat dan bahan-bahan lain yang kami butuhkan pun kami siapkan, tak lupa perlengkapan pribadi dan bekal baju ganti secukupnya. Karena sesuai dengan tema camping kali ini yaitu “being strong together/menjadi kuat bersama yang bermakna merekatkan kekompakan dan kebersamaan antar santri kelas 4 sehingga tujuannya adalah kami bisa belajar mandiri dan kuat secara fisik dan mental. Yeaaah! hehe


Kami mengendarai bus menuju lokasi camping, riang gembira sepanjang perjalanan sambil menikmati pemandangan sekitar yang luar biasa indah.
Sesampainya di lokasi, kami bersegera menyiapkan perlengkapan untuk mendirikan tenda, suasana di sekitar tempat kami sangat teduh dan nyaman, berupa tanah lapang dengan rumput yang menghijau berhiaskan pepohonan yang rindang, sejuk dipandang mata.
Sesi pendirian tenda pun dimulai, kami belajar mendirikan tenda secara mandiri dengan sesekali dibantu oleh us. Sungguh menyenangkan!



Taraaaaaaaa, tenda telah berdiri dengan gagahnya. Acara pun berlanjut dengan istirahat,  sholat dhuhur dan makan siang. Untuk makan siang kali ini kami membawa bekal dari sekolahan karena belum sempat untuk memasak. Sholat dhuhur beralaskan tikar, beratapkan langit dan berhiaskan pohon pinus khas pegunungan serta hawa dingin yang membuat suasana sangat berbeda dengan di sekolahan.

Kegiatan siang menjelang sore setelah pengarahan dari Us Andik dan Us Gi mengenai roundown kegiatan selama 2 hari 1 malam adalah game kebersamaan dan ice breaking yang dipandu oleh Us Asti. Game kali ini adalah “Game Benar-Salah” permainan yang melatihkan konsentrasi dan kekuatan otak kita. What a weird game! Haha karena banyak dari kami yang harus berjibaku dengan arang dan bedak ketika salah.  But that’s not a problem, it’s fun!





Kegiatan setelah sholat ashar adalah funny cooking yang dipandu Us Siti, can’t wait for this! Kami terbagi menjadi 4 kelompok, masing –masing kelompok memasak menu yang sama yaitu nasi putih, pecel lengkap dengan sambelnya, lele goreng, tempe goreng, dan kerupuk.








Kelucuan dan kekonyolan pun dimulai, dari memotong-motong sayuran dengan bentuk yang aneh, berhamburan dan acak-acakan, menanak nasi menggunakan kendil sampai menggoreng tempe dan lele yang gosong. Hahaha that’s really a precious experience.



Finally, masakan pun tersaji di meja dengan manisnya. Beragam bentuk lele dan tempe yang terlihat menyeramkan, tetapi ternyata luar biasa nikmatnya ketika kita makan bersama selepas sholat magrib berjamaah. Hehe bener ya teman-teman, ketika kita bersyukur Alloh akan menambah nikmatnya kepada kita. Alhamdulillah


Perut sudah kenyang sholat isya sudah dilaksanakan, it’s time to sleep! Eiiiiit tunggu dulu, acara belum selesai hawa dingin mulai menusuk sampai ke tulang. Us Gi pun menyalakan api unggun dari kayu bakar yang kami bawa, api menyala cukup menghangatkan suasana. Sembari melingkar di sekitar api unggun kegiatan pentas pun dimulai, masing-masing kelompok menampilkan kebolehan masing-masing dari gerak lagu hingga drama yang sukses membuat gelak tawa. 


Acara dilanjutkan dengan sarasehan dan duduk bercerita tentang kebersamaan selama kelas 4, masing-masing dari kami dipersilahkan untuk menyampaikan keinginan, uneg-uneg, koreksi bahkan evaluasi dan saran perbaikan untuk teman, ustadz/ustadzah maupun sekolah. Awkward moment adalah ketika harus memberikan evaluasi untuk us-us kelas 4. Hehehe bingung. Tapi beruntungnya acara kami dibuat santai jadi ya mengalir aja, nyaman. Sembari duduk bercerita kami pun barbequan (bakar-bakar) bakso, sosis, roti dan membuat wedang ronde. Aaaaaaaaa what a perfect idea, Delicious!


Cukup hangat, perut kenyang, bahagia. It’s definitely the perfect time to sleep, haha yes! Kami bergegas menuju tenda dan berlomba-lomba memakai selimut, berdoa dan tidur.
Udara pun perlahan mulai kembali menusuk tulang, selimut tebal pun tak sanggup mengalahkan dinginnya udara di sekitar tenda. Posisi bayi di dalam perut pun menjadi posisi favorit kami saat itu, kalau istilah bahasa jermannya adalah “njintel/njingkrung” hehe piss. Good night everybody!

Time to wake up, selepas sholat subuh kami pun berolahraga untuk menghangatkan Badan. Irama lagu “Gemu Famire” disertai gerakan senam penguin yang dipandu Us Kiki, that’s enough help us warm our bodies. Semangaaaaat!
Funny cooking part 2 pun dimulai selepas senam, menu kali ini adalah oseng-oseng soun, nasi putih, telur dadar dan kerupuk. Horeee – horeee kali ini masakan kami lebih sedap dipandang mata. Hehehe nikmat sekali kami menyantapnya untuk sarapan ditemani kicuan burung dan sinar mentari yang menerobos disela-sela dedaunan.









Berganti seragam olahraga, kegiatan dilanjutkan dengan “Rihlah” atau jalan-jalan menyusuri sekitar resort, sebelum perjalanan kami menampilkan yel-yel yang kami buat secara mendadak, us memberikan kami waktu 10 menit untuk membuatnya tanpa pemberitahuan sebelumnya. Okaaay tenang kami kan santri imam syuhodo, kreatif dooong. Hahaha yel-yel pun selesai dengan diringi gelak tawa. 


Rihlah dimulai, perjalanan kami melewati kebun sayuran milik petani sekitar, banyak sekali sayuran seperti kubis/kol, wortel, sawi, buncis, bawang merah dan lain-lain. Pemandangan disekitar resort benar-benar menjernihkan pikiran dan mata. What a beautiful scenery!
Ternyata di kegiatan rihlah ini ada game nya teman-teman, game pertama kami beri nama “ Jaring laba-laba” tantangannya adalah kami harus bekerjasama memindahkan sebuah bola menggunakan tali yang diikatkan menjadi 1. It’s a good challenge, melatihkan kerjasama, kekompakan dan saling percaya. Oke done!


Perjalanan berlanjut menuju ke sungai, mata kami terbelalak ketika melihat jernihnya air dan gemericiknya yang seakan melambai lambai. Yeah finally Us Andik membolehkan kami bermain air di sungai, happy!
Riang gembira terpancar jelas di wajah kami, meskipun perjalanan naik turun bukit tapi setimpal dengan keceriaan yang kami dapatkan. All praises to Alloh


Okeey time to back to camp, huwaaaaaa we must climb. Jalan menanjak di depan mata.. 1, 2, 3 …. Semangaaaaaaat!
Sesampainya di tenda, kami pun membersihkan diri mandi, berganti baju, istirahat sholat dhuhur dan makan siang.

Tiba di penghujung acara, kami kemudian membongkar tenda, mengemasi semua barang-barang dan persiapan untuk pulang.
Pukul 14.00 tenda dan semua barang sudah siap untuk dibawa pulang. Finally went home.
Jazakumulloh khoiron katsiron, exactly it will be unforgettable memories.

~Taqwa, Kreatif, Peduli~

About SD Muhammadiyah Imam Syuhodo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top